Ruas jalan provinsi antara Kecamatan Raya dan Purba di Kabupaten Simalungun sepanjang 20 km kondisinya rusak. Kerusakan jalan ini sudah terjadi sekitar lima tahun, namun belum ada perhatian dari Pemprov Sumut. Salah seorang warga Desa Raya Usang, Kecamatan Raya, Edward Saragih mengatakan, warga setempat sudah berulang kali menyampaikan permohonan agar jalan yang rusak di kawasan itu segera diperbaiki, kepada pemerintah kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun.

“Sudah berulang kali kami menyampaikan permohonan supaya jalan provinsi di desa kami diperbaiki, namun sampai sekarang tidak juga ditangani. Kami sangat kecewa,karena aspirasi kami tidak diperhatikan pemerintah,” ujar Saragih, kemarin. Oleh karena itu, warga berharap Pemprov Sumut segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut. Apalagi jalur ini sangat ramai dan menunjang aktivitas warga. Kondisi jalan yang mengalami kerusakan paling parah berada di Kelurahan Raya sepanjang 2 Km. Selebihnya mengalami kerusakan ringan, mulai Kelurahan Raya sampai Kelurahan Tigarunggu di Kecamatan Purba.

Anggota DPRD Sumatera Utara, Jhon Hugo Silalahi mengaku prihatin, melihat kondisi ruas jalan provinsi antara Kecamatan Raya dan Kecamatan Purba yang sudah lama rusak parah,namun tidak mendapat perhatian Pemprov Sumut. Politisi Partai Demokrat itu mengharapkan Pemprov Sumut memberikan perhatian serius dan segera memperbaiki kerusakan jalan provinsi antara Kecamatan Raya, khususnya di Kelurahan Raya hingga menuju Kelurahan Tiga Runggu, Kecamatan Purba. Kondisi jalan yang dipenuhi lubang menganga yang sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

“Saya prihatin sekali, karena kerusakan jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Raya dan Purba sampai sekarang belum juga diperbaiki,” papar mantan Bupati Simalungun. Dia mengharapkan Pemprov Sumut memberikan perhatian khusus untuk perbaikan ruas jalan tersebut, sehingga masyarakat Simalungun tidak merasa diabaikan oleh Pemprov Sumut.